cantiknanmerdu.blogspot.com

cantiknanmerdu.blogspot.com
Home » , » Mengatasi Burung yang mencabuti bulu sendiri karena over birahi (kanibal)

Mengatasi Burung yang mencabuti bulu sendiri karena over birahi (kanibal)



Burung yang suka mencabuti bulunya sendiri atau biasa di sebut dengan kanibal ini bisa terjadi karena birahi yang terlalu besar atau OB (Over Birahi).Kasus seperti ini banyak menimpa burung-burung kicau seperti kacer, pentet, murai batu, dan lain-lainnya.

Untuk penanganan burung yang seperti ini,ada langkah-langkah yang bisa di lakukan,tentu dengan kesabaran dan ke telatenan dari sang majikan agar burung bisa menjadi normal kembali.

Berikut adalah beberapa cara atau metode untuk mengatasi burung yang suka mencabuti bulunya sendiri karena terlalu OB (Over Birahi).
  • Mengarantina burung.
    Atau mengasingkan burung ke tempat yang tenang dan tidak melihat atau mendengar suara dari burung sejenis maupun burung lain.Ini berfungsi men-stabilkan birahi dari si burung itu sendiri,karena jika melihat atau mendengar burung lain maka akan memancing birahi si burung,apalgi untuk burung bertype fighter.
  • Stop EF (Extra fooding). Kurangi pemberian atau jangan berikan EF seperti jangkrik, ulat, kroto dan lain-lain untuk sementara waktu.Karena pemberian EF juga dapat menaikkan birahi pada burung.
  • Mandikan burung dengan sesering mungkin.Hal ini bisa di lakukan 1x sehari,atau  2x sehari,dan jika perlu mandi malam hari juga.karena air itu bisa membuatnya tenang dan relax.Selain itu mandi juga dapat meredam birahi dari sang burung.
  • Lihat efek dan perkembangannya.
    Pantau selalu perkembangannya setiap hari,bila burung sudah menunjukkan perilaku normal,berikanlah kembali atau tingkatkan EF (extra fooding) nya.Karena jika burung kekurangan nutrisi juga dapat berdampak tidak baik.


Semua itu memang butuh proses,kesabaran adalah kunci dari pintu-pintu kesuksesan.Jika burung sudah normal kembali tinggal atur ulang setingannya dan siap untuk di gantangkan.Semoga manfaat..

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.