cantiknanmerdu.blogspot.com

cantiknanmerdu.blogspot.com
Home » , » Mengatasi kaki burung Kenari yang terluka dan bengkak

Mengatasi kaki burung Kenari yang terluka dan bengkak


Di kalangan para penghobi Burung Kicau khususnya pecinta burung Kenari, Akhir-akhir ini mereka mengeluhkan penyakit yang menyerang burung kesayangan mereka terutama pada kaki burung mereka, biasanya indikasinya adalah muncul bintik-bintik merah, luka, bengkak dan sebagainya. Tentu saja hal semacam ini harus di waspadai dan butuh perhatian khusus, karena hal yang paling baik adalah mencegah hal buruk sebelum terjadi, seperti kata pepatah lebih mencegah daripada mengobati.

Biasanya yang membuat masalah itu terjadi adalah gigitan nyamuk ataupun serangga yang membawa virus atau kuman yang membuat burung lemas, nafsu makan jadi hilang dan sering tidur-tiduran, atau juga kaki burung terasa gatal karena gigitan serangga atau kuman-kuman jamur atau amoeba dari kotoran yang tidak di jaga kebersihannya sehingga dia mencoba menggaruk dengan cara mematukkan paruhnya ke arah luka nya, dan yang terjadi dia hanya membuat kondisi lukanya semakin buruk dan terjadi infeksi.

Bisa juga hal ini terjadi karena luka lecet yang di sebabkan oleh sangkar burung, tangkringan, tempat wadah pakan yang mungkin kondisinya tajam sehingga dapat melukai burung kesayangan anda.



Pengobatannya
Untuk sementara jauhkan dari burung-burung lainnya karena di khawatirkan penyakitnya dapat menular, sedangkan untuk pengobatan nya adalah dengan mengoleskan sedikit cairan Antibiotik pagi dan sore hari, sobat bisa membelinya di apotik atau toko pakan burung, amati perkembangannya setiap hari dan hentikan bila lukanya sudah sembuh.

Tips burung sehat
Dengan perawatan yang baik dan benar akan menjadikan burung sehat dan gacor.

  • Jika waktu sudah petang kerodong lah burung dan taruh di tempat yang agak gelap.
  • Gunakan sangkar dan aksesoris yang baik, halus dan tidak tajam untuk menjaga agar burung tidak terluka.
  • Jagalah kebersihan kandang burung, supaya tidak terganggu oleh kuman maupun bakteri yang nakal.
  • mandikan dan jemur burung di pagi hari jam 07.00-08.00 pagi.



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.