cantiknanmerdu.blogspot.com

cantiknanmerdu.blogspot.com
Home » , » Manfaat Mandi pasir bagi burung dan cara pembuatannya

Manfaat Mandi pasir bagi burung dan cara pembuatannya


Salah satu kebiasaan burung di alam habitatnya adalah bermain atau mandi pasir (ber-kipu).Mereka bermain dengan riang dan bergelimang di atas debu atau pasir.Hal ini bermanfaat untuk meraih kesenangan (membuatnya tenang),dan juga dapat menguatkan bulu-bulu, mengusir kutu, membuatnya halus dan berkilau.

selain burung binatang unggas pun sering melakukan hal ini seperti ayam, bebek, dan lain-lain mereka membuat kubangan sendiri di tanah.Pasti sobat Burung kicau pernah lihat bukan???

Mandi pasir (ber-kipu) ini bisa juga di jadikan therapy burung yang stres, burung sehabis masa mabung, burung over birahi, dan bisa juga untuk mengatasi burung Kacer yang mbagong (mbalon).Di samping itu manfaat daripada mandi pasir adalah dapat membuat burung menjadi sehat dan berumur panjang.Dan masih banyak manfaat-manfaat positif lainnya.



Mungkin sobat Burung kicau dapat memberikan therapy ini pada burung kesayangannya di rumah.Caranya pun tidak terlalu sulit.. Bagaimana caranya? Simak baik- baik ya....


  1. Buatlah kandang dengan ukuran lebar 60cm, tinggi 80cm dan panjang 1,5meter atau lebih terserah anda.Atau bisa juga seperti kandang tenggaran (umbaran).Hal ini bisa sekaligus untuk mengumbar burung.
  2. Isilah dasar kandang dengan debu atau pasir yang lembut dan terbebas dari mikroba atau pestisida.Atau anda juga bisa membuatnya dengan batu bata yang telah di hancurkan dengan lembut.
  3. Tempatkan Bak air di dasar kandang dan sediakan pakan di dekat tenggeran.
  4. Biarkan si burung bermain sepuasnya.
Atau jika sobat Burung kicau tidak mau repot-repot,anda bisa menggunakan kandang keramba mandi tetapi bak nya di isi dengan pasir.



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.